Referensi terkait Pengembangan Game Edukasi untuk Pembelajaran

Selasa, 11 Februari 2025

 

1. "Educational Game Design Fundamentals: A Journey to Creating Intrinsically Motivating Learning Experiences" oleh George Kalmpourtzis (2018)

  • Sinopsis: Buku ini fokus pada desain game edukasi, termasuk prinsip-prinsip pembelajaran, motivasi intrinsik, dan integrasi konten edukasi ke dalam mekanika game.

  • Relevansi: Sangat cocok untuk memahami wawasan terkini tentang game edukasi dan perancangannya.


2. "Learning, Education & Games: Volume 3 – 100 Games to Use in the Classroom & Beyond" oleh Karen Schrier (2019)

  • Sinopsis: Buku ini menyajikan 100 contoh game edukasi yang dapat digunakan di kelas dan di luar kelas, dengan analisis tentang bagaimana game-game tersebut mendukung pembelajaran.

  • Relevansi: Cocok untuk memahami praktik terbaru dalam penggunaan game untuk pendidikan.


3. "Designing Effective Digital Badges: Applications for Learning" oleh Joey R. Fanfarelli dan Rudy McDaniel (2019)

  • Sinopsis: Buku ini membahas desain elemen gamifikasi seperti badge (lencana digital) dan bagaimana elemen tersebut dapat digunakan dalam konteks edukasi.

  • Relevansi: Berguna untuk memahami aspek gamifikasi dalam game edukasi.


4. "Simulation and Serious Games for Education" oleh Yiyu Cai, Sui Lin Goei, dan Wim Trooster (2017)

  • Sinopsis: Buku ini membahas penggunaan simulasi dan game serius (serious games) dalam pendidikan, termasuk studi kasus dan aplikasi praktis.

  • Relevansi: Sangat relevan untuk memahami perancangan dan pengembangan simulasi edukasi.


5. "Artificial Intelligence and Games" oleh Georgios N. Yannakakis dan Julian Togelius (2018)

  • Sinopsis: Buku ini membahas penggunaan AI dalam game, termasuk finite state machine (FSM) dan teknik-teknik lain untuk menciptakan perilaku cerdas dalam simulasi.

  • Relevansi: Cocok untuk memahami perancangan simulasi dengan FSM dan AI.


6. "Game AI Pro 360: Guide to Architecture" oleh Steve Rabin (2019)

  • Sinopsis: Buku ini membahas arsitektur AI dalam game, termasuk penggunaan finite state machine, behavior trees, dan sistem lainnya.

  • Relevansi: Berguna untuk memahami implementasi FSM dalam pengembangan game dan simulasi.


7. "Serious Games: Foundations, Concepts and Practice" oleh Ralf Dörner, Stefan Göbel, Wolfgang Effelsberg, dan Josef Wiemeyer (2016)

  • Sinopsis: Buku ini membahas konsep dasar, desain, dan praktik pengembangan game serius, termasuk game edukasi dan simulasi.

  • Relevansi: Cocok untuk memahami fondasi dan praktik terbaru dalam game serius.


8. "Design and Development of Training Games: Practical Guidelines from a Multidisciplinary Perspective" oleh Talib S. Hussain dan Susan L. Coleman (2014)

  • Sinopsis: Buku ini memberikan panduan praktis untuk merancang dan mengembangkan game pelatihan, termasuk aspek edukasi dan simulasi.

  • Relevansi: Berguna untuk memahami perancangan game edukasi dan simulasi dari perspektif multidisiplin.


9. "Game-Based Learning: Theory, Strategies and Performance Outcomes" oleh Patrick Felicia (2017)

  • Sinopsis: Buku ini membahas teori pembelajaran berbasis game, strategi desain, dan hasil yang dapat dicapai melalui game edukasi.

  • Relevansi: Cocok untuk memahami teori dan praktik game-based learning.


10. "Finite State Machines in Hardware: Theory and Design" oleh Volnei A. Pedroni (2013)

  • Sinopsis: Meskipun lebih teknis, buku ini membahas teori dan desain finite state machine (FSM) yang dapat diterapkan dalam simulasi dan game.

  • Relevansi: Berguna untuk memahami implementasi FSM dalam konteks simulasi.


Rekomendasi Tambahan:

  • "Introduction to Game Design, Prototyping, and Development" oleh Jeremy Gibson Bond (2017): Membahas proses desain dan pengembangan game, termasuk prototyping dan implementasi teknis.

  • "The Gamification of Learning and Instruction: Game-Based Methods and Strategies for Training and Education" oleh Karl M. Kapp (2012): Membahas gamifikasi dalam pembelajaran dan pelatihan.


Sumber Online dan Jurnal:

  • IEEE Transactions on Games: Jurnal akademis yang membahas topik terkait game, termasuk game edukasi dan simulasi.

  • GDC Vault (Game Developers Conference): Sumber presentasi dan artikel dari para ahli industri game, termasuk topik game edukasi dan simulasi.

  • ACM Digital Library: Koleksi paper dan artikel tentang desain game, AI, dan simulasi.


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Kuswardayan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger